Strategy

Assalamu'alaikum wr. wb.

Tulisan berikutnya mengenai Strategy dalam TDA Ultimate Sucess Formula : Reason - Beliefe - Dream - Action - Strategy - Pray

STRATEGY

Langkah. Cara. Rencana.

Disinilah letak lain dari faktor keberhasilan seseorang. Apa langkah, cara dan rencana kita untuk meraih semua impian yang sudah dipetakan. Apa yang harus dilakukan untuk meraihnya. Apa yang perlu dilakukan dan apa yang harus dihindari.

Menurut kamus, strategy is a long term of plan of action designed to achieve a particular goal, most often 'winning'. Stategi berasal dari bahasa Yunani 'strategos' yang artinya terdiri dari dua kata 'sratos' (army) dan 'ago' (leading). Memimpin dalam berjuang, menentukan strategi terbaik dalam memenangkannya.

Karena kebanyakan tujuannya untuk mencapai kemenangan maka di dalam strategi ada berbagai macam hal yang perlu digali, dipelajari dan dijalankan tentunya. Akan menjadi sangat panjang menjabarkannya. Ada perencanaan, ada keterkaitan dengan waktu, ada hubungannya dengan tenaga dan pikiran serta hal lainnya.

Perencanaan adalah perlu walau sebenarnya tidak memerlukan waktu yang lama dalam memikirkannya karena akan menyita peluang keberhasilan. Jika terlalu banyak
rencana tanpa aksi nyata maka semua menjadi percuma. Menurut Sayiddina Ali ra : 'aksi tanpa rencana adalah buta, rencana tanpa aksi adalah mimpi'.

"Dan Akupun membuat rencana (pula) dengan sebenar-benarnya" (QS Att-Thaariq : 16) dan "Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain" (QS Alam Nasyrah : 7) cukup untuk membuktikan bahwa kita perlu strategi, rencana yang harus dilakukan satu per satu. Fokus.

Kaitannya dengan waktu jelas. Jangan pernah tidak memedulikan atau malah menyia-nyiakan waktu. Waktu dalam suatu strategi sangat penting. Sekarang ini bukan yang besar yang memakan yang kecil tapi yang tercepatlah yang akan mengalahkan yang lamban. Menunda adalah penyakit yang berkaitan dengan waktu. Rasulullah (S.A.W.) pernah bersabda: "Ada dua kenikmatan yang membuat banyak orang terpedaya yakni nikmat sehat dan waktu senggang." (HR. Bukhari)

Pelayanan adalah hal lain dalam strategi. Kita sudah tentu mengetahui bahwa pelangganlah yang menghidupi bisnis kita, merekalah nadi dan udara dalam bisnis. Tanpa mereka, tidak ada bisnis. Jadi pelayanan yang prima adalah sesuatu yang wajib. 'Jika kita mencari uang, kita akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik. Tetapi jika kita mengutamakan pelayanan yang baik maka kita akan dicari uang'.

Strategi jelas bisa dipelajari walau kadang tidak sesuai dengan harapan akan hasilnya. Jika begitu, kita perlu melakukan 'yang berbeda' dalam hal strategi. Melakukan strategi yang sama untuk mengharapkan hasil yang berbeda adalah sesuatu yang bodoh jika tidak ingin dikatakan konyol oleh sebagian orang. Jangan terlena dengan kondisi bagus saat ini, antisipasi dengan baik untuk menghadapi segala kemungkinan, kembalikan kepada pentingnya perencanaan.

Dalam fragmen kehidupan Terbang kita, STRATEGI seperti landasan pacu yang lurus, menghubungkan kita dengan tujuan akhir kita. Sebagai panduan, agar tidak melenceng dari tujuan, agar kalaupun melenceng maka kita bisa mengarahkannya kembali ke arah yang benar. Butuh fokus disana, butuh kecepatan yang cukup dengan tidak menunda atau terhambat halangan. Tanpa adanya STRATEGI maka segala yang kita canangkan dan lakukan akan tanpa arah, bagai orang yang mencari jarum dalam kegelapan malam.

Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika kurang berkenan.

Wassalam.

-Eko June-

TDA In Action

TDA Jogja-Solo

TDA Jogja-Solo

TDA Bekasi

TDA Bekasi

TDA With KADIN

TDA With KADIN

TDA At Malaysia

TDA At Malaysia

TDA Bandung

TDA Bandung

TDA With Tung Desem Waringin

TDA With Tung Desem Waringin

TDA Malang

TDA Malang

TDA Surabaya

TDA Surabaya

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP